Sejarah game online termasuk kontribusi oleh perusahaan yang berbeda dan entitas.
Game online mulai sebagai game multiplayer, tetapi telah berkembang untuk
memasukkan server game online dan pengaturan massal-multiplayer game online.
Game online mulai sebagai game multiplayer, tetapi telah berkembang untuk
memasukkan server game online dan pengaturan massal-multiplayer game online.
Multiplayer game dimulai pada tahun 1972 dengan PLATO.

Illinois dan Control Data Corporation, yang
memungkinkan siswa untuk berinteraksi
dengan terminal lain untuk
tujuan pendidikan dan pembelajaran dibantu
komputer. Pada tahun 1972, antarmuka baru yang
memungkinkan
siswa untuk mulai membuat game, dan dunia
game multiplayer dimulai.
MUD adalah permainan jaringan pertama.

berbasis jaringan, memungkinkan pemain pada
jaringan untuk berinteraksi dan menjelajahi
dunia permainan MUD.Game MUD akhirnya membuka
jalan bagi MMORPG, dengan konsep dunia
bersama.
MAD pada BITNET adalah permainan multiplayer pertama di seluruh dunia.

game multiplayer pertama untuk mengaktifkan
konektivitas di seluruh dunia. MAD adalah MUD
yang diakses oleh siapapun di jaringan komputer
di seluruh dunia, dan itu berlangsung selama
dua tahun.
Game Maze War memulai pengembangan host game server.

Simultan dengan perkembangan MUDs dan
BITNET, permainan yang disebut Maze War,
yang berasal dengan NASA pada tahun 1973,
telah membantu pengembangan bahan bakar
game server-host. Dalam berbagai inkarnasi,
Maze War membuka jalan untuk menghubungkan
dua komputer secara langsung di koneksi
peer-to-peer, menghubungkan komputer ke server
dan game hosting pada server dengan port lokal di
workstation lokal. Evolusi server-host terbukti
integral dari masa depan game online.
Neverwinter Nights adalah MMORPG grafis pertama.

Diluncurkan untuk pelanggan AOL pada tahun 1991,
Neverwinter Nights adalah MMORPG grafis pertama.
Itu adalah bagian integral dari pengembangan game
MMO di masa depan.
Doom merintis jalan sebagai pemain jujur dalam permainan multiplayer pertama.

penembak orang pertama dengan kemampuan
multiplayer pada tahun 1993. Anda bisa terhubung
dan bermain dengan orang lain melalui jaringan
lokal, atau Anda langsung bisa dial ke orang lain
melalui modem Anda.
Doom juga melahirkan penciptaan DWANGO, layanan
independen yang cocok pemain sampai online untuk
mempromosikan game multiplayer.
Quake membuka jalan untuk bermain game multiplayer modern.

tapi itu revolusioner untuk pengembangan satu bit yang
sangat penting dari teknologi: client-side prediksi.Quake
itu sendiri penuh lag, tetapi pengembang Quake datang
dengan teknologi baru di Quakeworld untuk memecahkan
masalah ini. Sebelum Quakeworld halus konsep ini,
game multiplayer online yang terganggu dengan lag
sebagai pemain harus menunggu tindakan untuk
mendaftar pada server game online sebelum mereka muncul di layar. Quakeworld memperkenalkan
konsep prediksi sisi klien, yang secara drastis mengurangi lag dan memungkinkan pemain ganda
untuk game server secara
simultan tanpa penundaan yang signifikan.
Ultima Online adalah awal dari MMO.

dengan merilis Ultima Online. Quakeworld halus teknologi,
dan Ultima Online memperkenalkan dunia permainan
di mana pemain bebas dapat berinteraksi dan meninju
satu sama lain. Saat ini berbagai game online hari ini
berutang banyak pada pendahulunya ini.
Awal Mula Pengembangan Game Online menjadi sebuah Bisnis yang Menguntungkan
Periode kesuksesan munculnya Generasi Game Online pertama Januari 1997 – April 2001

Masa kejayaan online game pertama, ketika
Ultima Online, EverQuest, dan Asheron’s Call tidak
memiliki saingan. Sukses pertama ketiga game inilah
yang memberikan inspirasi bagi perusahaan -
perusahaan lain untuk memulai membuat game
online mereka sendiri.
Mulainya persaingan Mei 2001 – April 2002

menurun drastis, bahkan Ultima Online kehilangan pelanggannya.
Ini disebabkan karena sejumlah game online memasuki
pasar dengan keunikannya masing-masing. Selain itu, pembatalan
Electronic Arts untuk membuat Ultima Worlds Online: Origin atau
Ultima Online 2 juga membuat para pemain kecewa. Electronic
Arts memilih untuk berkonsentrasi pada terus mengembangkan
Ultima Online dan melebarkan sayap ke pasar Asia.
Sebenarnya, saat itu Electronic Arts juga memiliki kesulitan
modal untuk Ultima Online 2. Keputusan yang kontrovesial ini
membuat
banyak pelanggan Ultima Online kehilangan antisipasi
pada Ultima Online 2 dan mencoba
game-game lain. Sebagian pelanggan lainnya berhenti bermain Ultima Online karena
meramalkan Ultima Online tidak akan bisa bersaing dengan game-game yang akan
datang, terutama dalam perihal grafik. lalu malapetaka berlanjut dengan direleasenya
expansi Ultima Online: Third Dawn, yang tidak sesuai dengan selera para gamer.
Selain itu, pada masa ini Anarchy Online dan Dark Age of Camelot memulai beta test
dengan konferensi pers yang memukau dan tidak tanggung-tanggung mengeluarkan banyak
biaya untuk iklan-iklannya. Pemain senior Ultima Online, EverQuest, dan Asheron’s Call
menemukan alternatif game yang belom pernah mereka coba. Walau beberapa gamer
memiliki banyak account dibermacam-macam game, sebagian besar gamer hanya memiliki
waktu untuk fokus pada satu game saja. Anarchy Online memiliki sedikit masalah pada
peluncurannya namun Dark Age of Camelot memasuki pangsa pasar dengan sukses,
mereka mendapatkan 200.000 konsumer pada peluncurannya.
Asheron’s Call bertahan sebentar dengan expansi Dark Majesty namun lalu terinjak-injak
oleh kemunculan game-game non-fantasy yang baru muncul seperti Anarchy Online,
Motor City Online, dan World War II Online. Motor City Online mencapai puncak
kesuksesannya pada bulan Juni lalu menurun sedikit demi sedikit. Anarchy Online dan
World War II Online merugi karena peluncuran yang buruk.
Mulai sepinya penggemar game online Mei 2002 – Oktober 2004

Walau besarnya prospek game online terus meningkat
pada tahun 2002 dan 2003, persaingannya juga semakin
ramai. Banyak game online yang dalam perkembangannya
terpaksa menunda atau bahkan dibatalkan. Game-
game lama berusaha untuk mempertahankan pelanggan
mereka, jumlah pelanggan mereka naik turun dengan
jumlah penurunan yang lebih banyak dari kenaik
an
hingga akhirnya habis.
Kebanyakan game online yang baru memasuki pasar tidak mencapai target, bahkan beberapa
terpaksa menutup usahanya. Walau ada sedikit titik cerah seperti dengan kemunculan
Final Fantasy XI, RuneScape, Eve Online, dan City of Heroes diantara Mei 2002 dan Mei 2003,
pasar berkembang kurang dari 8%. Pada Januari 2004 hingga Oktober 2004 pasar menurun
hingga hanya berkembang sebanyak 2%. Pada penghujung tahun 2004 pasar game online
menjadi sepi.
Kejayaan Warcraft November 2004 – Sekarang

keadaan pasar game online berubah drastis.
World of Warcraft bukan hanya sukses, namun juga
memegang rekor yang sangat tinggi diantara game
-game online yang bayar (Pay to Play)lainnya.
Walau sebagian
besar pelanggan World of Warcraft berasal dari RRC, sekarang jumlah pelanggan
World of Warcraft di Eropa mencapai lebih dari satu milyar sementara
di Amerika Utara sekitar satu koma lima hingga dua milyar! Kesuksesan
World of Warcraft berasal dari Blizzard, yang
selalu menelurkan game-game yang memberikan pengalaman bermain yang unik.
Fitur-fitur yang ditawarkan World of Warcraft seperti kekompleksitasannya, mudah
dimainkan, dan perkembangan level mempengaruhi pengembangan game-game online ,
terutama Dark Age of Camelot, EverQuest, dan serial Lineage.
Pada bulan Juni 2006; 93,5% dari pasar masuk dalam kategori RPG bertema
fantasi; 4,1% dalam kategori RPG bertema sci-fi dan superhero; 0,3% adalah
simulasi perang dan FPS (First Person Shooting); dan 2,2% dalam kategori
komunitas dan lain-lain. Walau sepertinya fantasi lebiih digemari, para developer
mengendus prospek dalam game dengan latar belakang sci-fi.
Mereka melihat industri perfilman, dimana sci-fi memiliki kesuksesan yang jauh lebih
besar. Beberapa perusahaan berusaha untuk mengeksplorasi potensi ini, seperti dengan
direleasenya Auto Assault, City of Villains, Huxley, Seed, dan Tabula Rasa. Perusahaan-
perusahaan lainnya memilih untuk tidak mengambil resiko dan menelurkan Age of Conan,
Aion, Dungeons & Dragons Online, Gods & Heroes, Hero’s Journey, Lord of the Rings
Online, Soul of the Ultimate nation, Vanguard, dan Warhammer Online,
dan judul-judul lainnya.
Dari Berbagai Sumber.
0 komentar:
Posting Komentar